Sabtu, 24 Januari 2015

Fashion Dikalangan Anak Punk

               Didalam fashion punk ada pakaian, gaya rambut, kosmetik, perhiasan, dan modifikasi tubuh subkultur punk. Model dari pakaian punk bervariasi, mulai dari Vivienne Westwood yang didesain untuk meniru band-band seperti The Exploited. Subkultur lain dan gerakan seni, termasuk glam rock, skinhead, badboy, greasers, dan mods juga telah mempengaruhi fashion dari punk. Fashion ini telah menjadi iidentitas dari kelompok ini.
               Seiring berkembangnya punk, fashion yang sebelumyamenjadi identitas mereka, sekarang sudah banyak dikomersilkan dan banyak perancang busana yang mapan - seperti Vivienne Westwood dan Jean Paul Gaultier menggunakan elemen punk dalam produksi mereka. Yang awalnya buatan tangan sekarang menjadi diproduksi massal dan dijual di toko kaset dan beberapa toko pakaian khusus.

               Di Inggris, banyak model punk yang dibuat dari tahun 1970-an yang didasarkan pada desain Vivienne Westwood, Malcolm McLaren dan Kontingen Bromley. Gaya punk Mainstream sendiri dipengaruhi oleh pakaian yang dijual di toko Malcolm McLaren.  McLaren telah telah menampilkan gaya ini untuk tayangan pertamanya Richard Hell. Kemudian McLaren berpindah ke New York City bekerja sama dengan New York Dolls. Busana punk yang dibuat saat itu meliputi: jaket kulit, blazer yang sudah disesuaikan dan kemeja acak yang terdapat slogan-slogan anarky, gambar darah, patch dan gambar kontroversial lainya.
Tidak hanya itu, ternyata jenis pakaian dari setiap aliran punk itu sendiri berbeda, diantarany ada Anarcho punk, glam punk dan Horror punk.

Anarko Punk

Mode dari anarcho punk ini biasanya memakai pakaian militeristik hitam-hitam, gaya ini dipelopori oleh band punk asal inggris bernama Crass. Yang menonjol dari anarcho punk ini adalah penggunaan simbol anarkis dan slogan pada pakaian mereka. Beberapa orang yang mendefinisikan diri mereka sebagai anarko punk memilih untuk mengenakan pakaian yang mirip dengan mode punk tradisional atau punk kerak.

Glam Punk

fashion glam punk dipelopori oleh band-band seperti New York Dolls. kostum yang tidak biasa seperti macan tutul, spandex, atau kemeja satin.

Horror Punk

Horror punk mirip dengan fashion gothic. Hitam adalah warna dominan. Deathrock dan punk horor memasukkan unsur "seksi" seperti stoking jala, korset dan make-up yang rumit untuk pria dan wanita. Penggunaan symbol ghaib pada T-shirt, patch dan perhiasan sangatlah dominan. Hiasan umum lainnya termasuk nama band dilukis pada jaket. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar